Rabu, 20 April 2011

Bayi Lahir Lebih Dini

Hampir Semua Bayi Lahir Lebih Dini

Merry Wahyuningsih - detikHealth


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Hampir semua bayi sebenarnya dilahirkan kurang dari 9 bulan. Keterbatasan ukuran panggul ibu membuat bayi susah berlama-lama dalam kandungan. Kalau pun ada bayi yang lahir lebih dari 9 bulan kejadiannya hanya sedikit.  

Hal ini disampaikan oleh neuroscientist Lise Eliot dalam bukunya yang berjudul 'What's Going on in There? How the Brain and Mind Develop in the First Five Years of Life' (Bantam, 2000).

"Jika bukan karena karena keterbatasan ukuran panggul (pelvis) wanita maka bayi akan berkembang lebih lama lagi di dalam rahim (lebih dari sembilan bulan)," jelas Lise Eliot, seperti dilansir Livescience, Selasa (19/4/2011).

Menurut Eliot, wanita harus menjaga tulang panggulnya yang relatif sempit agar tetap tegak. Dengan keterbatasan ukuran panggul wanita, maka bayi susah berlama-lama di rahim ibu melebihi waktu 9 bulan. Hanya sedikit sekali kejadian bayi lahir lebih dari 9 bulan.

Selain itu, ukuran otak bayi saat baru dilahirkan adalah seperempat dari ukuran otak orang dewasa. Hal ini juga memungkinkan ibu mampu bertahan dan tetap sehat setelah melahirkan.

Oleh karena itu, beberapa dokter menyebut bayi usia trimester pertama seperti berada dalam kandungan ibu trimester keempat.

Karena di usia awal-awal kelahirannya bayi belum memiliki keterampilan sosial seperti tersenyum. 

"Keterampilan sosial seperti tersenyum misalnya, baru muncul pada saat bayi berumur 10-14 minggu," jelas Eliot.

Kondisi ibu hamil dan bayi di kandungan pada bulan ke-9 adalah
Kondisi ibu:

  1. Ibu akan mengalami sakit punggung akibat terjadi peregangan otot.
  2. Ibu semakin sulit tidur karena mengalami kecemasan yang kadang tidak beralasan.
  3. Kulit dibagian perut akan semakin gatal, tapi sebaiknya jangan digaruk dan cukup diusap dengan baby oil atau lotion.
  4. Frekuensi buang air kecil akan semakin meningkat, karena bayi semakin mendesak kandung kemih.
  5. Kontraksi akan semakin sering dirasakan oleh ibu.
  6. Jika terjadi kontraksi yang disertai dengan keluarnya cairan ketuban, maka usahakan bangun secara perlahan-lahan untuk mencegah keluarnya air ketuban yang lebih banyak dan segera bawa ke rumah sakit.

Kondisi bayi di kandungan

  1. Menjelang akhir trimester paru-paru hampir sepenuhnya berkembang.
  2. Refleks koordinasi bayi mulai sempurna sehingga ia dapat berkedip, menutup mata, memutar kepala, menendang serta merespons suara, cahaya dan sentuhan.
  3. Bayi akan mengubah posisi untuk mempersiapkan persalinan, yaitu bayi akan turun ke panggul dan biasanya kepala akan menghadap ke arah jalan lahir.
  4. Bayi akan terus tumbuh dan berkembang hingga nanti dilahirkan.
  5. Pada usia ini bayi akan memiliki panjang sekitar 46-51 cm dan berat sekitar 3-3,2 kg.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lowongan kerja wanita tanpa ijasah

Lowongan kerja khusus wanita lulusan SD SMP SMA dan SMK tanpa biaya dan tanpa potongan. Khusus wanita usia 17-35th. Silahkan daftar dan gab...